REVIEW SKRIPSI

BAB I PENDAHULUAN



A.           Latar Belakang


Perkembangan teknologi yang sangat cepat telah membawa manusia memasuki kehidupan yang berdampingan dengan informasi dan teknologi itu sendiri yang berdampak pada sebagian orang untuk meninggalkan proses penelusuran informasi secara manual yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan atau menemukan informasi yang diinginkan. Teknologi informasi yang telah berkembang saat ini dapat mengelolah informasi yang dilakukan secara lebih aktual dan optimal. Penggunaan teknologi informasi bertujuan untuk mencapai efisiensi dalam berbagai aspek pengelolaan informasi, yang ditunjukkan dengan kecepatan dan ketepatan waktu pemrosesan, serta ketelitian dan keakuratan informasi. Hal ini mengakibatkan dalam pengembangan sistem informasi muncul variasi baru. Penggabungan antara sistem informasi dengan ilmu geografi yang saat ini menjadi salah satu alternatif yang banyak digunakan dalam pengelolaan informasi yaitu Sistem Informasi Geografis.
Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, maka penulis menjadikannya sebagai tugas akhir dengan judul Sistem Informasi Geografis Pemetaan Sekolah di Kecamatan Tanjung Batu Berbasis Mobile.

A.           Perumusan Masalah


Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan diatas, maka rumusan masalah yang penulis ambil yaitu:
1.              Pada tiap-tiap sekolah tidak ada informasi untuk menjelaskan bagaimana keunggulan yang ada pada masing-masing sekolah agar bisa menarik masyarakat menyekolahkan anak-anak mereka.
2.              Tidak adanya informasi letak sekolah di bagian kecamatan.

B.           Batasan Masalah


Batasan masalah perlu diperjelas agar masalah yang dibahas tidak menyimpang dalam penulisan ini adalah :




1.              Informasi yang ditampilkan adalah peta, sejarah, galeri dan informas sekolah meliputi desa, alamat, akreditasi, fasilitas, beasiswa, nilai rata-rata terakhir, jumlah siswa, tahun berdiri, luas tanah, luas bangunan, koordinat dari tingkat SD hingga tingkat SMA yang ada di kecamatan Tanjung Batu.
2.              Sistem informasi ini dibuat menggunakan pemrograman Java Android, PHP dan menggunakan database MySQL.
3.              Informasi yang ditampilkan sistem hanya dapat berjalan di sistem operasi android.

C.           Tujuan Penelitian


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyediakan suatu aplikasi sistem informasi geografis sehingga dapat memberikan informasi yang berguna mengenai lokasi sekolah-sekolah pendidikannya.

A.           Metodologi Penelitian


Langkah-langkah yang ditempuh untuk keperluan pembuatan tugas akhir ini antara lain:

1.              Tempat Penelitian


Penelitian dilakukan pada CABANG DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN TANJUNG BATU yang merupakan salah satu Unit Pendidikan di Kecamatan Tanjung Batu. Yang melingkupi sekolah-sekolah pendidikan seperti SD, SMP, MTs, SMA, SMK, MA.

2.              Metode Pengumpulan Data


Suwartono (2014:41) menyatakan, Pengumpulan data adalah berbagai cara yang digunakan untuk mengumpulkan data, menghimpun, mengambil atau menjaring data penelitian.
Adapun teknik-teknik pengumpulan data yang penulis lakukan dalam penelitian adalah sebagai berikut :
a)             Wawancara (Interview)

Wawancara adalah suatu cara untuk mengumpulkan data dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan langsung kepada seorang informan atau seorang autoritas (seorang ahli atau yang berwenang dalam suatu masalah). Adapun narasumber yang dijadikan sumber informasi dalam wawancara penelitian  ini  yaitu  bapak  Muhammad  Haris  yang  merupakan    seorang




pegawai yang menjabat sebagai Staff Tata Usaha di Cabang Dinas Pendidikan Tanjung Batu.
b)             Pengamatan langsung (Observasi)

Pengamatan langsung atau observasi merupakan teknik pengumpulan data dengan melihat langsung kondisi sekolah dan datang ketempat penelitian dengan melakukan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap gejala atau fenomena yang ada pada objek penelitian. Data yang diobservasi diantaranya, koordinat sekolah dan keterangan-keterangan lain mengenai sekolah yang bersangkutan.
c)             Dokumen

Yaitu mengumpulkan data yang telah ada atau dikumpulkan oleh sekolah-sekolah terkait. Data yang diperoleh dengan cara dokumentasi dalam penelitian ini diantaranya tahun berdiri, luas tanah dan bangunan, akreditasi, jumlah kelas, peluang beasiswa, serta nilai dan peta kecamatan, alamat sekolah dan jumlah sekolah.
d)             Kepustakaan

Teknik pengumpulan data yang dilakukan berdasarkan ilmu pengetahuan yang di dapat dari perkuliahan, perpustakaan, buku-buku dan semua hal yang berhubungan dengan pokok bahasan.

3.              Metode Pengembangan Sistem


Metodologi pengembangan sistem yang digunakan Penulis adalah    metode

Waterfall  yang memiliki  tahapan  yang saling berkaitan  dimana  setiap  tahapan




harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum dilanjutkan pada tahapan berikutnya dengan tujuan untuk menghindari terjadinya pengulangan pada tahapan yang sama.
Dalam pembuatan skripsi ini Penulis menggunakan metode Waterfall karena metode Waterfall merupakan sebuah pendekatan kepada perkembangan perangkat lunak yang sistematik, maka metode Waterfall ini merupakan metode yang paling cocok untuk diterapkan dalam pembangunan perangkat lunak pemetaan sekolah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Data Spasial dan Data Atribut

TUGAS 6