REVIEW SKRIPSI
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perkembangan teknologi yang sangat cepat telah membawa
manusia memasuki kehidupan yang berdampingan dengan informasi dan teknologi itu
sendiri yang berdampak pada sebagian orang untuk meninggalkan proses
penelusuran informasi secara manual yang membutuhkan waktu lebih lama untuk
mendapatkan atau menemukan informasi yang diinginkan. Teknologi informasi yang
telah berkembang saat ini dapat mengelolah informasi yang dilakukan secara
lebih aktual dan optimal. Penggunaan teknologi informasi bertujuan untuk mencapai
efisiensi dalam berbagai aspek pengelolaan informasi, yang ditunjukkan dengan
kecepatan dan ketepatan waktu pemrosesan, serta ketelitian dan keakuratan
informasi. Hal ini mengakibatkan dalam pengembangan sistem informasi muncul
variasi baru. Penggabungan antara sistem informasi dengan ilmu geografi yang
saat ini menjadi salah satu alternatif yang banyak digunakan dalam pengelolaan
informasi yaitu Sistem Informasi Geografis.
Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, maka
penulis menjadikannya sebagai tugas akhir dengan judul “Sistem Informasi Geografis Pemetaan
Sekolah di Kecamatan Tanjung Batu Berbasis Mobile”.
A.
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan
diatas, maka rumusan masalah yang penulis ambil yaitu:
1.
Pada tiap-tiap sekolah tidak ada informasi untuk
menjelaskan bagaimana keunggulan yang ada pada masing-masing sekolah agar bisa
menarik masyarakat menyekolahkan anak-anak mereka.
2.
Tidak adanya informasi letak sekolah di bagian kecamatan.
B.
Batasan Masalah
Batasan masalah perlu diperjelas agar masalah yang
dibahas tidak menyimpang dalam penulisan ini adalah :
1.
Informasi yang ditampilkan adalah peta, sejarah,
galeri dan informas sekolah meliputi desa, alamat, akreditasi, fasilitas,
beasiswa, nilai rata-rata terakhir, jumlah siswa, tahun berdiri, luas tanah,
luas bangunan, koordinat dari tingkat SD hingga tingkat SMA yang ada di
kecamatan Tanjung Batu.
2.
Sistem informasi ini dibuat menggunakan pemrograman Java Android, PHP dan menggunakan database
MySQL.
3.
Informasi yang ditampilkan sistem hanya dapat berjalan
di sistem operasi android.
C.
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyediakan
suatu aplikasi sistem informasi geografis sehingga dapat memberikan informasi
yang berguna mengenai lokasi sekolah-sekolah pendidikannya.
A.
Metodologi Penelitian
Langkah-langkah yang ditempuh untuk keperluan pembuatan tugas akhir ini
antara lain:
1.
Tempat Penelitian
Penelitian dilakukan pada CABANG DINAS PENDIDIKAN
KECAMATAN TANJUNG BATU yang merupakan salah satu Unit Pendidikan di Kecamatan
Tanjung Batu. Yang melingkupi sekolah-sekolah pendidikan seperti SD, SMP, MTs,
SMA, SMK, MA.
2.
Metode Pengumpulan Data
Suwartono (2014:41) menyatakan, Pengumpulan data
adalah berbagai cara yang digunakan untuk mengumpulkan data, menghimpun,
mengambil atau menjaring data penelitian.
Adapun teknik-teknik pengumpulan data yang penulis
lakukan dalam penelitian adalah sebagai berikut :
a)
Wawancara (Interview)
Wawancara adalah suatu cara untuk mengumpulkan data
dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan langsung kepada seorang informan atau
seorang autoritas (seorang ahli atau yang berwenang dalam suatu masalah).
Adapun narasumber yang dijadikan sumber informasi dalam wawancara
penelitian ini yaitu
bapak Muhammad Haris
yang merupakan seorang
pegawai yang
menjabat sebagai Staff Tata Usaha di Cabang Dinas Pendidikan Tanjung Batu.
b)
Pengamatan langsung (Observasi)
Pengamatan langsung atau observasi merupakan teknik
pengumpulan data dengan melihat langsung kondisi sekolah dan datang ketempat
penelitian dengan melakukan pengamatan dan pencatatan secara sistematis
terhadap gejala atau fenomena yang ada pada objek penelitian. Data yang
diobservasi diantaranya, koordinat sekolah dan keterangan-keterangan lain
mengenai sekolah yang bersangkutan.
c)
Dokumen
Yaitu mengumpulkan data yang telah ada atau
dikumpulkan oleh sekolah-sekolah terkait. Data yang diperoleh dengan cara
dokumentasi dalam penelitian ini diantaranya tahun berdiri, luas tanah dan
bangunan, akreditasi, jumlah kelas, peluang beasiswa, serta nilai dan peta
kecamatan, alamat sekolah dan jumlah sekolah.
d)
Kepustakaan
Teknik pengumpulan data yang dilakukan berdasarkan
ilmu pengetahuan yang di dapat dari perkuliahan, perpustakaan, buku-buku dan
semua hal yang berhubungan dengan pokok bahasan.
3.
Metode Pengembangan Sistem
Metodologi pengembangan sistem
yang digunakan Penulis adalah metode
Waterfall yang memiliki tahapan
yang saling berkaitan dimana setiap
tahapan
harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum dilanjutkan pada tahapan
berikutnya dengan tujuan untuk menghindari terjadinya pengulangan pada tahapan
yang sama.
Dalam pembuatan skripsi ini Penulis menggunakan metode Waterfall karena metode Waterfall merupakan sebuah pendekatan
kepada perkembangan perangkat lunak yang sistematik, maka metode Waterfall ini merupakan metode yang
paling cocok untuk diterapkan dalam pembangunan perangkat lunak pemetaan sekolah.
Komentar
Posting Komentar